Your Location
  • Home
  • Profil BMI
Profil Baitul Maal ItQan
Sejarah
Sejarah

Pada mulanya BMT itQan didirikan Tahun 2007. Beberapa orang merupakan kelompok pengajian di Bandung, berinisiatif membentuk suatu amal usaha bersama yang bertujuan mengimplementasi nilai-nilai kebenaran Agama Islam. Kemudian amal usaha tersebut terimplementasi dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

Baitul Maal wat Tamwiil (BMT), salah satu bentuk amal usaha yang dipilih. Karena dalam BMT jenis usaha yang dapat dikembangkan diharapkan dapat mengangkat perekonomian (baitut tamwiil) sekaligus juga dapat mendayagunakan dana sosial Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf maupun Hibah (ZISWAH) untuk kepentingan kaum dhuafa / ummat.

Pemberdayaan kaum dhuafa merupakan misi utama bmt itQan, sejalan dengan hadits Nabi Muhammad SAW : “khairunnaas ‘anfauhum linnaas---sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya buat manusia lainnya”.

Proses kegiatan bmt itQan dimulai dari mengelola sebagian kecil dana zakat dan membuat payment point listrik sebagai sumber utama untuk menggaji karyawan yang awalnya hanya 1 orang teller. Dengan berkembangnya kepercayaan dari masyarakat maka bmt itQan sejak awal 2008 mulai menggulirkan pembiayaan untuk usaha mikro dengan jumlah pinjaman awal berkisar Rp. 200 ribu sampai Rp. 1 juta. Dan terus berkembang sampai tahun-tahun berikutnya.

Dengan semakin berkembangnya amal usaha BMT ITQAN, maka secara profesional BMT ITQAN terbagi menjadi lembaga yang memiliki dua badan hukum. Badan hukum Koperasi Syariah sebagai aktivitas Baitut Tamwil dan Yayasan Baitul Maal itQan sebagai pengelola dana ummat (ZISWAH), CSR dan sebagianya.

Sehingga pada tanggal 23 Mei 2013 Baitul Maal itQan terdaftar sebagai Yayasan Sosial-Keagamaan melalui Notaris Deni Subarno, SH dan secara resmi menjadi Yayasan Baitul Maal itQan berdasarkan Surat Keputusan KEMENKUMHAM Nomor : AHU-2192.AH.01.04.Tahun 2014.

Head Office Baitul Maal itQan di Jl. Padasuka 158-160 Bandung, Tlp. 022 71520188 SMS. 085105071110 Email : cs@baitulmaalitqan.org