Your Location
Info Kita
Manfaat Ekonomi Syariah
Manfaat Ekonomi Syariah

Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata “Ekonomi Syariah”?

Suatu sistem ekonomi berbasis Islam?

Atau barangkali sebuah pencitraan layaknya sistem ekonomi konvensional yang dibalut dengan kata Islami dengan penampilan para teller bank yang berpakaian syar’i, bersikap ramah dan sopan dalam setiap bertransaksi?

Tentu saja ekonomi syariah tidak sekedar penampilan, namun semua harus berdasarkan sistem syariah. Termasuk akhlak Islam, akhlak seorang muslim harus santun dan bermartabat, namun tegas terhadap sebuah aturan.

Ekonomi Syariah adalah sistem ekonomi yang bersumber dari wahyu yang transendental (al-quran dan hadist) dan sumber interpretasi dari wahyu yang disebut dengan ijtihad.

Jangan heran, kalau sistem Ekonomi Syariah saat ini sedang digemari oleh masyarakat dunia, bahkan di Negara yang mayoritas penduduknya non Muslim.

Selain mengutamakan prinsip keadilan, bertransaksi secara syariah akan lebih menenangkan, jelas dan nyaman, tidak mendzolimi dan terdzolimi.

Menurut Undang-undang Peradilan Agama No. 7 Tahun 1989, maka dapat diketahui bahwa ruang lingkup ekonomi syariah meliputi: Bank syariah, asuransi syariah, lembaga keuangan mikro syariah, reasuransi syariah, obligasi syariah, surat berjangka menengah syariah, reksadana syariah, sekuritas syariah, pegadaian syariah, pembiayaan syariah, dana pensiun lembaga keuangan syariah dan bisnis syariah.

Ekonomi bersistem syariah ini diprediksi akan berkembang pesat di masa depan. Karena memang sistemnya yang memberikan kepuasan lebih bagi para penggunanya. Memberikan lebih banyak kemaslahatan dan kesejahteraan bagi umat manusia.

Seperti Koperasi Syariah BMT itQan yang hingga kini sudah memiliki anggota lebih dari 10 ribu. Tentu saja, ini langkah nyata dalam pemberdayaan ekonomi syariah. Juga memberikan manfaat bagi umat khususnya masyarakat yang membutuhkan, hingga mereka termandirikan.

Lebih jauh lagi, manfaat daripada sistem Ekonomi Syariah bagi umat manusia adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan integritas seorang muslim 
  2. Mendapatkan keuntungan di dunia dan di akhirat
  3. Mempraktekan ekonomi syariah yang bernilai pahala
  4. Mendukung lembaga ekonomi umat Islam
  5. Mendukung pemberdayaan ekonomi umat
  6. Mendukung gerakan amar ma’ruf nahi munkar

Banyak sekali manfat dari sistem ekonomi syariah, jika kita menyadari sebagai umat Islam harus mendukung semua pergerakan ekonomi syariah, baik itu perbankan, koperasi, asuransi dan lainnya.

Sudah banyak bukti nyata negara-negara di bagian Barat yang menerapkan Ekonomi Islam dalam pelaksanaan perekonomian di negara nya. Jika mereka saja mengakui dan menjalankan sistem ekonomi syariah, maka tidak ada alasan bagi kita sebagai umat Islam untuk tidak bersyariah.

Wallahu’alam

Salurkan donasi untuk Wakaf Daya Umat (Pemberdayaan Ekonomi Mikro)
Bank Syariah Mandiri : 788.000.1234 an. Baitul Maal itQan