Your Location
  • Home
  • Berita BMI
Berita Baitul Maal ItQan
Baitul Maal itQan Ajak Siaga Bencana
Baitul Maal itQan Ajak Siaga Bencana

Bencana datang silih berganti menjelang akhir tahun 2018 ini, masih hangat dalam ingatan kita betapa gempa di Lombok - NTB mengguncang, disusul kemudian tsunami dan gempa di Palu dan Donggala kemudian meletusnya gunung di Sigi - Sulteng dan terahir kabar gempa yang melanda di Jawa Timur dan Bali.  

Menghadapi bencana alam bukan hanya fokus pada tindakan tanggap darurat setelah bencana terjadi , tetapi pengurangan resiko bencana sangat perlu dilakukan. Hal ini dilakukan mengacu pada respon cepat ketika terjadi bencana gempa sehingga meminimalisir korban.  

Baitul Maal itQan bekerjasama dengan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) memberikan layanan "Simulasi Tanggap Bancana" Kepada Murid dan Guru SD itQan guna memberikan edukasi dan pemahaman secara langsung tentang bagaimana bila bencana datang. Bencana ini sangat tidak kita inginkan namun kedatangannya tentu tidak bisa kita hindarkan,mari bersiap diri sebelum datang bencana kepada kita Ungkap Bapak Koharudin Saefulloh Direktur Baitul Maal itQan.  

Dalam simulasi dan edukasi tanggap bencana gempa kali ini pelaksanaanya dibantu oleh teman-teman dari SBSM (Satuan Bhakti Sosial Mahasiswa) STKS Bandung dan ada tigal hal yang diterapkan  :

Pertama penyediaan jalur peta evakuasi ketika bencana gempa terjadi.

Kedua pelatihan agar guru beserta murid dapat mengevakuasi diri sendiri tanpa dipimpinan dan dilanjutkan dengan simulasi bersama.

Ketiga menentukan titik kumpul evakuasi ketika terjadi bencana gempa  

Saya sangat berterimakasih sekali atas terselenggaranya kegiatan ini , karena sebelumnya ada usulan juga dari orang tua murid tentang pentingnya edukasi kebencanaan dan di simulasikan bersama-sama, Ungkap Bu Een Guru SD itQan yang juga mengikuti simulasi bencana sampai dengan selesai Kamis (11/10/2018) 

Dokumentasi : Video