Your Location
  • Home
  • Berita BMI
Berita Baitul Maal ItQan
Kurban di Kota Bahagiakan Mereka di Desa
Kurban di Kota Bahagiakan Mereka di Desa

Serangkaian Kegiatan pelaksanaan Ibadah Kurban telah dilaksanakan  di Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Cimeunyan Bandung, Bersama Baitul Maal itQan, Sabtu (24/08/2018) lalu.

Program Kurban Cinta Dhuafa (K-CiDA)  memberikan manfaat kurban kepada seluruh warga seluas luasanya sehingga bukan hanya dikota saja yang merasakan limpahan daging kurban, di momen Iedul Adha  semuanya berhak mendapatkan daging kurban tanpa terkecuali warga kampung Pasanggrahan yang terpecil dan jauh dari perkotaan.  Sebagai salah satu penerima manfaat daging kurban warga pasanggrahan yang  mayoritas berpenghasilan sebagai buruh tani , biasanya masyarakat disini berkurban sedikit dan hal ini yang menjadi perhatian khusus dalam penyaluran daging qurban Baitul Maal ItQan dalam melaksanakan Kegiatan kurban tahun ini. 

Desa pasanggrahan terdiri dari beberapa RW dan di RW 11 ini yang cukup jauh posisinya dengan perkotaan  Dari puncak Bintang masih berjarak 3 km. Dari jalan Raya Padasuka Kota Bandung kira-kira 6 km, banyak warga tidak mampu yang perlu diperhatikan, Bapak RW 11 selaku perwakilan warga berharap mudah-mudahan dengan program Teman Qurban Baitul Maal ini menjadi pemicu bagi warga dan donatur untuk berqurban ungkapnya.

Sebagaimana yang kita ketahui momen Idul Adha ini merupakan kesempatan besar untuk menyebarkan kebaikan dan manfaat pada orang lain. Daging-daging yang disebarkan tentu akan bernilai kebaikan dan manfaat pada orang lain yang membutuhkan. Sehingga ibadah ini memiliki nilai sosial, bukan hanya untuk individu semata ,

Dari Aisyah radhiyallahu anha, sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang ibnu Adam melakukan amalan pada hari Nahar yang paling dicintai Allah ta’ala daripada menumpahkan darah (hewan kurban). Sungguh hewan kurban itu akan datang pada hari Kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah itu sudah tertulis di sisi Allah pada suatu tempat sebelum terjatuh di muka bumi. Karena itu ikhlaskanlah ketika kalian berkurban.”

(HR. At-Tirmidzi, no. 1493)

Baitul Maal itQan mengusung tema Tebar Manfaat Kurban (Teman Qurban ) dalam kurban tahun (2018) ini, dan sudah melaksanakan sebar qurban dengan jumlah penerima manfaat kurang lebih 1400 mudhohi. Sebagai kaum Muslimin tentunya kita berharap Ibadah qurban menjadi lebih bermanfaat dan tepat sasaran penyaluranya, dengan menitipkan hewan qurban di Baitul Maal itQan Pelaksanaan kurban terasa mudah dan tepat sasaran. ” hewan qurban ini dapat disebarkan untuk  orang-orang yang betul-betul membutuhkanya” ujar Yusuf Sufriyatna.(BMI/NJB/BDG) 


Share