Your Location
  • Home
  • Berita BMI
Berita Baitul Maal ItQan
Baitul Maal itQan Ajarkan Anak Menjadi Entrepreneur
Baitul Maal itQan Ajarkan Anak Menjadi Entrepreneur

BANDUNG-Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Baitul Maal itQan menggelar kegiatan cooking class bagi peserta didik binaan, bertempat di Sekolah RA itQan Jl. Pasir Luhur, Kamis (12/10/2017)

Produk makanan yang dibuat oleh anak-anak adalah Krabby Patty atau Hamburger, bahan untuk membuat burger ini terdiri dari roti, sayur seladah, tomat, saus, keju, daging burger dan lainnya, semuanya berbahan makanan sehat dan halal.

Kegiatan ini merupakan salah satu praktikum yang diberikan sekolah terhadap anak didik. Seperti yang disampaikan Kepala Sekolah Anis Karmini, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih anak membuat hasil karya, menghitung biaya produksi serta memberi nominal harga untuk menjual produk yang sudah dibuat, sehingga anak bangga sudah dapat menjual hasil karya sendiri. 

Namun yang paling penting dari kegiatan ini adalah melatih percaya diri anak dalam menghasilkan sebuah karya nyata dan melatih kemandirian anak, ucap Anis menambahkan.

Dalam pengolahan burger, para guru sudah memersiapkan bahan-bahan yang akan dijadikan burger,  biar anak bisa fokus untuk membuatnya. Bahan yang sudah disiapkan, step by step disatukan oleh anak-anak untuk dibuat menjadi burger yang cantik, sehat, enak dan halal.

Sebagai Guru, Maya Nurmayanti mengaku senang bisa memberikan arahan kepada anak-anak, dan mereka pun sangat senang diberikan kegiatan semacam ini. Memang dunia anak adalah dunia bermain dan praktek, untuk itu kami mendidik dan mengajarkan anak dengan lebih banyak cara praktek dibandingkan teori, pungkas Maya. 

Sebagai salah satu LKS Anak Provinsi Jawa Barat, Baitul Maal itQan tidak hanya memberikan bimbingan dan pelajaran terhadap anak, namun kami ingin membentuk karakter anak menjadi mandiri dan memiliki jiwa Entrepreneurship di kemudian hari. 

Kegiatan ini mendapat banyak apresiasi oleh orang tua siswa, seperti Mamah Danis, dirinya mengaku bangga anaknya bisa membuat sebuah karya nyata, dan dapat dilatih dengan baik. Karena dirinya mengaku bahwa Danis adalah anak yang aktif di rumah, sehingga kerap kewalahan orang tua untuk mengasuhnya. Namun di sekolah ini, potensi aktif dalam diri anaknya dapat diarahkan kepada hal positif, ucap Mamah Danis.

Selain memberikan pembinaan dan pembeajaraan kepada anak-anak, Baitul Maal itQan juga memberikan pembekalan kepada orang tua anak, terutama berkaitan dengan pola pengasuhan anak (parenting). Kajian Parenting sangat penting untuk diberikan kepada orang tua, karena jika salah dalam pola asuh anak, maka akan sangat berdampak terhadap sang anak. Kajian Parenting yang secara rutin dilakukan sebulan dua kali di Sekolah. (BMI/YM/BDG)